Pasar

Pakerin telah memanfaatkan keunggulan kompetitif Indonesia dalam pasar domestik yang berkembang dan pasar ekspor. Kedua pasar tersebut menawarkan kesempatan luar biasa untuk pertumbuhan. Indonesia akan menjadi pasar yang berkembang di masa mendatang.

Perekonomian Indonesia muncul sebagai salah satu yang paling berprospek di dunia dan kemasan adalah bagian yang integral dalam pertumbuhan industri. Oleh karena itu, masa depan kertas industri, terutama container board dan box board, dalam jangka menengah dan jangka panjang sangat menjanjikan.

Pada tahun 2010, Indonesia menduduki peringkat kesembilan di dunia untuk produksi pulp dan kertas. Indonesia telah mengekspor 50% dari produksi pulp dan 40% dari produksi kertas dengan nilai ekspor sebesar USD 8 miliar.

Sejak tahun 1985, untuk membangun basis pelanggan yang kuat, mencapai fleksibilitas dan keamanan pasar, Pakerin telah memasuki dan mengembangkan pasar ekspor, terutama di Asia. Hal ini juga didukung dengan sumber daya alam yang melimpah dan dukungan pemerintah yang kuat untuk investasi pulp dan kertas di Indonesia. Hal ini memungkinkan industri untuk terus tumbuh sebagai pemasok regional utama pulp dan kertas.

Permintaan ekspor akan terus berlanjut berdasarkan kualitas tinggi, pelayanan yang cepat, pengiriman handal, dan keuntungan harga yang dapat dicapai melalui integrasi vertikal serta biaya produksi rendah. Pakerin memiliki posisi yang strategis dalam peningkatan penjualan ekspor karena pertumbuhan ekonomi yang pesat meningkatkan permintaan kertas industri di seluruh Asia. Pakerin akan terus mencari keseimbangan antara penjualan domestik dan ekspor dalam strategi pemasarannya.